A.
Tujuan Interface User
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi
tentang Tujuan Interface User, perbandingan interface, tipe-tipe interface, dan
tipe-tipe interaksi. Interface merupakan salah satu media yang digunakan
komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal
dengan GUI (Graphical User Interface).
Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
• Menyesuaikan
antar muka pengguna dengan tugas.
• Membuat
antar muka pengguna menjadi efisien.
• Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna.
• Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
• Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
Tipe-tipe User Interface
• User
interface bahasa alamiah
• User
interface pertanyaan & jawaban
• User
interface menu-menu
• User
interface formulir isian
• User
interface bahasa perintah
• User
interface GUI
(Graphical
User Interface)
• User
interface pada web, dll.
User Interface Bahasa Alamiah
• Ideal bagi
user yang tidak berpengalaman, karena interface menggunakan bahasa sehari-hari
• Adanya
perbedaan bahasa antara komputer & manusia sehingga diperlukan penerjemah
yang mampu menerjemahkan 2 arah.
User interface menu-menu
• Menyediakan
daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang biasanya berupa suatu kalimat
atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna dapat menetukan pilihannya
• Jenis berdasarkan
teknik penampilan pilihan-pilihannya
– sistem menu
datar
» menampilkan
semua pilihan secara lengkap
– sistem menu
tarik
» menampilkan
daftar pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu
Contoh:
Menu-driven
Applications
Whizz Co Reporting System :
1.
Purchasing Reports
2. Sales
Reports
3.
Purchasing Data Entry
4. Sales
Data Entry
5. System
Administration
User Interface Formulir Isian
Kualitas tergantung pada tiga aspek
– Tampilan pada
layar yang mencerminkan struktur data masukan yang diperlukan oleh sistem
– Kejelasan
perancangan & penyajiannya secara visual pd layar
– Derajat
kebenaran dan kehandalan penerimaan data masukan oleh program lewat berbagai
fasilitas pemasukan data yang ada pada borang
User Interface Bahasa Perintah
Memberi kemudahan kepada user untuk mengontrol suatu
aplikasi dengan serangkaian tekanan tombol, perintah-perintah, frase atau
beberapa rangkaian dari 3 metode ini.
User Interface GUI
Memungkinkan adanya manipulasi langsung pada tampilan grafis
di layar, yang dapat diselesaikan dengan inputan dari keyboard, joystick atau
mouse.
Arus Balik untuk User
• Semua sistem
memerlukan arus balik àuntuk memonitor
• Arus balik pada user dari sistem diperlukan
dalam 7 situasi yang berbeda (Kendall & Kendall 2, hal. 216)
• Contoh:
warning, proses, menunggu (wait)
Produktivitas & Rancangan ergonomis
• Ergonomis,
mengacu pada penerapan data biologis dan teknis pada suatu masalah yang
berkaitan dengan orang-orang dan mesin-mesin yang mereka gunakan untuk bekerja
• Variable
tempat kerja yang penting untuk dipertimbangkan:
- warna
ruang komputer & pencahayaan
- tampilan
layar
- keyborad
user, mouse
- meja
komputer & kursi.
Tipe Interaksi
Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat memberikan efek
yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa tipe
interaksi yang umum digunakan, yaitu :
1. Command Line Interface (CLI)
Merupakan bentuk dialog interaktif yang pertama digunakan
dan masih dipakai hingga saat ini. Dengan CLI, user memberikan instruksi secara
langsung kepada komputer menggunakan tombol fungsi, karakter tunggal, command
dalam bentuk singkat maupun panjang. CLI memungkinkan user mengakses dengan
cepat fungsi sistem dan beberapa tools.
2. Menu
Pada menu-driven interface , sekumpulan opsi / pilihan yang
tersedia bagi user ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan menggunakan
mouse atau tombol numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus
merepresentasikan arti dan dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah
dikenali dan memudahkan user memilih sesuai dengan tugas yang akan
dilaksanakan.
3. Natural language
Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang atraktif.
Umumnya, komputer tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan dalam bahasa
sehari-hari. Natural language dapat mengerti input tertulis (written input) dan
suara (speech input). Namun masih ada kekurangan dalam hal ambiguity
(kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik.
4. Q/A & query dialogue
Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada beberapa
aplikasi. User diberikan
serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban ya/tidak
(Y/N), pilihan
ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap demi tahap
selama proses
interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun terbatas
fungsinya.
5. Form-fills and spreadsheet
Form-fill utamanya digunakan untuk aplikasi pemasukan (data
entry) dan pencarian (data retrieval) data. Bentuk form-fill adalah berupa
display yang menyerupai selembar kertas dengan beberapa slot / field untuk
diisi. Spreadsheet adalah variasi dari form-fill. Spreadsheet terdiri dari sel
yang dapat berisi nilai atau formula.
6. WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)
WIMP merupakan default interface untuk sebagian besar sistem
komputer interaktif yang digunakan saat ini terutama pada PC dan desktop
workstation.
Window
merupakan area layar yang berprilaku seperti terminal
independent dan berisi grafik atau teks yang dapat dipindahkan dan idiubah
ukurannya. Satu layar dapat terdiri dari lebih 1 window yang memungkinkan lebih
dari satu tugas aktif pada saat yang sama. Icon merupakan sebuah gambar kecil
yang digunakan untuk merepresentasikan windows yang sedang berada dalam keadaan
tertutup (closed). Window dapat diaktifkan / diperbesar dengan meng-klik icon
yang bersangkutan, dan sebaliknya jika user tidak menggunakan / mengerjakan
tugas pada satu window tertentu maka dia dapat menon-aktifkan window menjadi
icon yang disebut sebagai iconifying . Menu adalah tehnik interaksi yang umum
digunakan bahkan oleh sistem non-window sekalipun. Menu menampilkan pilihan
operasi atau layanan yang diberikan / tersedia oleh sistem. User dapat
memperoleh petunjuk mengenai operasi apa saja pada sistem melalui menu. Oleh
karena itu penamaan pad amenu haruslah memiliki arti dan informatif. Pointer
merupakan komponen yang penting dalam sistem WIMP karena interaksi pada sistem
ini memerlukan aktifitas menunjuk (pointing) dan memilih (selecting). User
diberikan cursor pada layar yang dapat dikendalikan oleh peralatan input
seperti mouse, joystick, ataupun trackball.
Kesimpulan :
Jadi Interface merupakan salah satu media yang digunakan
komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer dikenal
dengan GUI (Graphical User Interface). Dan dalam interaksi manusia dengan
Komputer, Pemilihan tipe interaksi yang tepat sangat diperlukan karena dapat
memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer.
B.
Perbandingan Interface
Perbandingan Interface Website Baik dan Kurang Baik.
A.
Interface website yang kurang baik.
1. Content
Merupakan salah
satu yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah website.Content adalah isi
dan inti dari suatu website. Dapat dilihat diatas dimana content tersebut tidak jelas,maksudnya seseorang tidak akan tau/sulit untuk membedakan dimana
yang merupakan content dan yang bukan,seperti
iklan,category,link, dsb.
2. Coloring
Pewarnaan juga
sangat mendukung dalam pengembangan sebuah website,dengan tujuan agar interface
tidak membosankan ,dengan warna yang slalu monton hitam putih. Sedangkan
pewarnaan diatas kurang baik. Website diatas memang sudah menggunakan warna
diluar hitam putih,namun sangat tidak sinkron,terlalu banyak warna-warna yang
tidak match,tapi mungkin menurut si pembuat website tersebut itu menarik. Kalau
boleh komentar sedikit, website ini bisa diibaratkan buku gambar yang dipakai
untuk menggambar seorang anak-anak yang sedang belajar menggambar/mewarnai,jadi
ya seperti itu hasilnya acak kadul J.
3. Desain
Ini lebih parah lagi,dimana tidak memiliki
struktur desain yang baik . Lihat contoh diatas misalnya ,seseorang yang
berkunjung pasti akan tidak enak melihat desain website tersebut dan mungkin
juga akan bingung.Tidak jelas dimana yang footer,header,sidebar dan contentnya.
Selanjutnya gambar background yang acak-acakan yang sangat mengganggu
pemandangan.
4.Text
Untuk tulisan
jelas kurang baik,terlalu banyak jenis font yang cukup mengganggu dan
penempatan yang kurang baik karena tidak didukung oleh desain yang baik pula.
Sebaiknya dalam penggunaan font untuk sebuah website memakai
font yang umum dipakai dan mudah dan enak dibaca semua orang,jangan cuma enak dilihat dari diri sendiri tapi orang tidak.
B .Interface website yang baik
1. Content
Sangat terlihat
sekali perbedaan dengan website yang
sebelumnya dijelaskan diatas. Pada website ini terlihat jelas content yang
bagus,jelas dan tidak membingungkan user.
Mungkin dengan content yang seperti ini user akan lebih
berlama-lama nongkrong di website kita untuk memanjakan mata dan otak dengan
isi-isi yang ada dan bermanfaat.
2. Coloring
Pewaranaan sudah
cukup baik,dimana tidak terlalu banyak warna
yang mencolok dan membuat pusing. Mungkin karena ini merupakan website
formal jadi penggunaan warnanya tidak
terlalu banyak.
3. Desain
Pada website ini
jelas terlihat memiliki rancangan desain
yang sangat baik,sesuai dengan aturan dalam pembangunan interface sebuah web.
Terlihat jelas mana yang content dan mana yang bukan,dan menggunakan background
yang sederhana ,bukan gambar yang justru
akan membuat web tampak aneh. Dengan tampilan interface seperti ini ,jadi
seseorang tidak akan pusing/bingung lagi untuk mencari apa yang ingin dicari
diweb tersebut.
4. Text
Dalam penggunaan
text dapat dibilang baik,karena tidak terlalu banyak penggunaan jenis font yang aneh-aneh, dan hanya menggunakan
beberapa jenis font yang umum sering digunakan, serta mudah untuk dibaca semua
orang.
Ulasan
Dari
perbandingan diatas mungkin kita menjadi
sedikit tahu seperti apa dan bagaimana interface yang baik. Untuk
membuat suatu interface yang baik dalam suatu website kita harus memperhatikan
beberapa hal penting :
1. Harus
memahami konsep dasar dari interaksi manusia dan computer.
2. Harus mendesain interaksi dan proses.
3. Terdapat
notasi,dialog dan desain dalam interface
4. Model-model
dari system
5. Pendukung
implementasi interface
Untuk lebih detailnya
mengenai cara pembuatan interface yang baik dan benar mungkin akan saya jelaskan dilain
waktuJ. Tidak ada kesmpurnaan didunia
ini,kesmpurnaan hanyalah milik Allah semata
dan sebagai hamba yang baik
sepatutnya kita harus selalu berusaha dan berdoa, maka dari itu Jika ada kritik dan saran silahkan komentari post
ini untuk manfaat bersama.
C. Tipe-tipe interface
Interface adalah suatu komunikasi yang fitur yang tersedia
supaya user dapat mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Dalam hal ini
penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu pengertian, karena bahasa
merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua setelah gesture) yang dipakai
orang untuk berkomunikasi sehari-harinya. Tanpa bahasa pun kadang ikon bisa
tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang ikon bisa bersifat
universal.Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis.
Tipe interface pada sistem operasi :
1.Command Line Interface (CLI)
2.Graphical User Interface (GUI)
Media Penyimpanan pada system Operasi, yaitu :
A. HARDDISK
Pengertiannya adalah suatu ruang simpan utama dalam sebuah
computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor
dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
B.RAM
Pengertiannya adalah perangkat yang berfungsi mengolah data
atau intruksi. Semakin besar memori yang disediakan, semakin banyak data maupun
intruksi yang dapat mengolahnya.
D.
TIPE-TIPE INTERAKSI
Tipe interaksi pada interaction:
1. Direct adalah suatu pengoperasian secara langsung dengan
objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
2. Menu selection adalah suatu yang memilih perintah dari
daftar yang disediakan.
3. Command language adalah suatu penulisan perintah yang
sudah ditentukan pada program.
4. Natural language – perintah dengan bahasa alami :
Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar