Sabtu, 03 Desember 2011

Individu, keluarga , dan masyarakat .


Pengertian individu
Individu berasal dari kata yunani yaitu “individium” yang artinya “tidak terbagi”.
individu adalah manusia yang memiliki peranan khas atau spesifik dalam kepribadiannya. Dan terdapat tiga aspek dalam individu yaitu aspek organi jasmaniah, aspek psikis rohaniah, dan aspek sosial. Dimana aspek aspek tersebut saling berhubungan. Apabila salah satu rusak maka akan merusak aspek lainnya.
Pengertian keluarga
Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota".
Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah. Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.
Pengertian masyarakat
Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama.Seperti; sekolah, keluarga,perkumpulan, Negara semua adalah masyarakat
Dalam ilmu sosiologi kita kit mengenal ada dua macam masyarakat, yaitu masyarakat paguyuban dan masyarakat petambayan.Masyarakat paguyuban terdapat hubungan pribadi antara anggota- anggota yang menimbulkan suatu ikatan batin antara mereka.Kalau pada masyarakat patambayan terdapat hubungan pamrih antara anggota-angota nya.
Unsur-unsur suatu masyarakat
a.Harus ada perkumpulan manusia dan harus banyak
b.Telaah bertempat tinggal dalam waktu lama disuatu daerah tertentu.
c.adanya aturan atau undang-undang yang mengatur masyarakat untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan bersama.
       
     Peranan saya di dalam keluarga adalah, saya sebagai anak pertama sudah menjadi tanggung jawab saya untuk menjaga kluarga dan adik saya . yang terpenting , saya harus berbakti kepada orang tua dan menjadi contoh yang baik untuk adik saya .
       Peranan saya di dalam masyarakat adalah, saya sebagai masyarakat harus mematuhi peraturan yang dibuat di daerah kawasan tempat saya tinggal. Saya aktif dalam mengikuti kegiatan RT/RW, saya sering mengikuti acara kerjabakti , ronda keliling, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang diadakan di kawasan tempat saya tinggal.

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar