Selasa, 10 April 2012

Manusia dan penderitaan

Manusia dan penderitaan


Manusia adalah mahluk yang luar biasa kompleks. yang merupakan paduan antara mahluk material dan mahluk spiritual. Suatu tubuh yang berisi jiwa, yang mampu berfikir berkat adanya suatu mukzizat yang disebut “akal”.

KITA semua tahu apa itu penderitaan. Kita bahkan mengalaminya. Orang biasa bilang bahwa penderitaan itu seperti bayangan yang selalu ada sepanjang badan. Kadang-kadang bayangan itu di belakang kita sehingga kita tidak menyadari keberadaannya. Tetapi sering juga bayangan itu membentang di depan. Penderitaan menjadi sangat jelas dan mencekam.
Penyebab penderitaan juga macam-macam. Ia datang kepada kita dalam bentuk sakit, gagal dalam usaha, diperlakukan secara tidak adil, mengalami duka cita karena kematian orang yang kita kasihi, musibah seperti bencana alam. Singkatnya ada banyak penyebab penderitaan. Apa pun penyebabnya, penderitaan selalu ada. Ia seperti bayang-bayang yang selalu menyertai hidup. Hanya orang yang sudah meninggal saja yang tidak mengenal dan mengalami penderitaan. Atau mungkin juga orang mati menderita. Kita belum tahu itu, karena kita belum mengalami sendiri.
Penderitaan itu sendiri merupakan hal yang sangat tidak kita harapkan kedatangannya. sebagai contoh, mungkin beberapa orang sudah mengetahui tentang penderitaan yang dialami oleh "Junko furuta". gadis jepang yang disiksa selama 44 hari oleh 4 orang pria . gadis ini mengalami penderitaan yang menurut saya sangat tidak manusiawi, hingga akhirnya gadis ini meniggal dunia. Untuk menghindari pengejaran polisi, cowok A memaksa furuta untuk menelepon orangtuanya dan menyuruhnya mengatakan kalau dia kabur dari rumah, dengan temanya, dan tidak berada dalam bahaya. Bahkan cowok A membuat furuta berpose sebagai pacar dari salah satu cowok – cowok itu ketika orangtua C, pemilik ruma sedang ada dirumah tersebut. Kalau mereka sudah yakin orang tua c tidak akan telepon polisi, mereka pun menyudahi sandiwara tersebut. Furuta mencoba kabur berkali – kali, memohon pada orang tua c untuk menyelamatkan dia, tapi mereka gak ngelakuin apa2 meskipun mereka tau kalau selama ini furuta disiksa, karenamereka takut kalau cowok a akan menyiksa mereka. Cowok A saat itu adalah pemimpin yakuza kelas rendah dan telah mengencam siapapun yang ikut campur akan dibunuh.
Menurut kesaksian para cowok itu di persidangan, mereka berempat memperkosa furuta, memukulinya, menjatuhkan barbell ke perutnya, dan membakarnya dengan rokok dan korek api (salah satu dari pembakaran itu adalah hukuman karena dia berusaha menelepon polisi). Pada sebuah titik luka furuta sangat parah hingga menurut salah satu cowok itu, furuta membutuhkan waktu satu jam lebih untuk merangkak turun tangga untuk menggunakan kamar mandi. Mereka bahkan mengatakan kemungkunan kalau 100 orang tau kalau mereka menahan furuta di rumah tersebut, tapi hal ini ga jelas artinya apa 100 orang itu hanya tau atau mereka ikut memperkosa dan menyiksa juga saat berkunjung ke rumah tersebut. Cowok-cowok itu menolak membiarkan furuta pergi, walau furuta seringkali memohon pada mereka untuh membunuhnya saja dan menyudahi penderitaan tersebut.
Dalam hal ini, penderitaan yang dialami Furuta sangatlah tidak manusiawi . sehingga salah satu band jepang sampai membuat lagu sebagai tanda turut berduka cita atas meniggalnya Furuta .
menurut saya , penderitaan yang dialami Furuta adalah penderitaan tersadis yang pernah ada.

Sumber :
http://artikel.sabda.org/penderitaan
http://littlewhitemochi.wordpress.com/2011/04/03/junko-furuta-gadis-jepang-disiksa-selama-44-hari/

0 komentar:

Posting Komentar